PROFIL

Manajemen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Pemahaman Sivitas akademika tentang sistem yang berlaku dan terintegrasi dari tingkat universitas sampai di tingkat program studi, meliputi :

  1. Struktur organisasi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya mempunyai dua unsur pokok organisasi yaitu : Badan Pelaksana Harian (BPH) sebagai representasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai pemilik dan penyelenggara Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dan Pimpinan Universitas sebagai pelaksana dan penanggung jawab proses belajar mengajar dalam rangka pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  2. Struktur Organisasi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya mengatur Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi seluruh unsur organisasi mulai dari Rektor sampai dengan Program Studi berdasarkan statuta dan qoidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Struktur organisasi di tingkat Fakultas dapat digambarkan sebagai berikut:

Rincian Tugas Dekan :

  1. Melaksanakan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
  2. Memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam fakultas teknik.
  3. Mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan antar Dosen dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi Dosen untuk mewujudkan visi fakultas.
  4. Menyusun rencana dan program kerja fakultas sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  5. Membagi tugas kepada Wakil Dekan sesuai dengan bidangnya;
  6. Memberi arahan kepada Wakil Dekan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  7. Mengkoordinasikan Wakil Dekan dengan ketua jurusan/bagian dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerja sama.yang baik;
  8. Mengendalikan pelaksanaan tugas Wakil Dekan agar pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan;
  9. Membina tenaga kependidikan mahasiswa, tenaga administratif untuk meningkatkan prestasi, kemampuan dan disiplin kerja;
  10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Wakil Dekan untuk mengetahui permasalahannya dan penanggulangannya;
  11. Menilai prestasi kerja Wakil Dekan, ketua jurusan/bagian dalam lingkup fakultas sebagai bahan pembinaan karier;
  12. Menyusun kebijakan teknis di bidang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pelaksanaan administrasi fakultas sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  13. Menelaah peraturan perundang-undangan di bidang pelaksanaan pendidikan, penelitian pengabdian pada masyarakat dan administrasi umum serta keuangan fakultas;
  14. Membina hubungan kerja dengan instansi/lembaga yang terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. Memonitor dan mengkoordinasikan proses penyelenggaraan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan;
  16. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan fakultas sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas
  17. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Rincian Tugas Wakil Dekan :

  1. Menyusun program kerja fakultas dibidang akademik, administrasi umum,keuangan dan kemahasiswaan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada staf dibidang akademik administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan;
  3. Memberi arahan kepada staf untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Mengkoordinasikan staf bidang akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik;
  5. Menyelia pelaksanaan tugas staf dibidang akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan agar pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan;
  6. Mengevaluasi pelaksanaan tugas staf di bidang akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan untuk mengetahui permasalahan dan penanggulangannya;
  7. Menelaah peraturan perundang-undangan di bidang akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan;
  8. Menyusun kebijakan teknis di bidang akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  9. Menyusun saran alternatif di bidang akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan;
  10. Melaksanakan pembinaan saran melalui seminar, temu ilmiah, lokakarya, studi, kemahasiswaan, latihan berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk peningkatan kemampuan akademik;
  11. Memonitor pelaksanaan kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  12. Melaksanakan pembinaan pegawai di lingkungan fakultas berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk peningkatan karier dan prestasi pegawai;
  13. Memonitor pelaksanaan kegiatan akademik, administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan di lingkungan fakultas agar sesuai dengan ketentuan;
  14. Menentukan skala prioritas pengadaan sarana dan prasarana fakultas untuk kelancaran kegiatan;
  15. Memonitor pelaksanaan anggaran di lingkungan fakultas agar sesuai dengan ketentuan;
  16. Memonitor kegiatan kemahasiswaan sebagai bahan penyusunan evaluasi;
  17. Melaksanakan upaya pembinaan penalaran, minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa;
  18. Mengkoordinasikan kegiatan kemahasiswaan agar terpadu dan serasi;
  19. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan untuk mengetahui permasalahan dan penanggulangannya;
  20. Menyusun laporan fakultas di bidang akademik administrasi umum, keuangan dan kemahasiswaan sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  21. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

Rincian Tugas Ketua Program Studi :

  1. Menyusun program kerja program studi sebagai pedoman kerja;
  2. Memeriksa konsep beban tugas mengajar dosen program studi setiap semester berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui kesesuaiannya;
  3. Meneliti bahan pembelajaran berdasarkan ketentuan kurikulum yang berlaku;
  4. Memonitor pelaksanaan perkuliahan sebagai bahan evaluasi;
  5. Mengevaluasi hasil pelaksanaan perkuliahan untuk mengetahui kesesuaiannya;
  6. Membimbing dan menilai mahasiswa yang menyelesaikan masa studinya bersama dengan pembimbing akademik/dosen wali;
  7. Menyusun konsep usul dosen pembimbing bagi mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir berdasarkan petunjuk atasan untuk kelancaran tugas akademik;
  8. Memberi layanan teknis kepada dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  9. Menyusun dan melakukan pengembangan kurikulum sesuai dengan pengembangan ilmu;
  10. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan program studi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan

 

Rincian Tugas Kepala Bagian TU Fakultas :

  1. Menyusun program kerja sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  2. Membagi tugas kepada kepala sub bagian sesuai dengan bidangnya;
  3. Memberi petunjuk kepada kepala sub bagian untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. Mengkoordinasikan kepala sub bagian dalam melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik;
  5. Menyelia pelaksanaan tugas kepala sub bagian agar hasil yang dicapai sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan;
  6. Menilai prestasi kerja kepala sub bagian di lingkungan jurusan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karier;
  7. Menelaah peraturan perundang-undangan di bidang ketatausahaan;
  8. Menyusun saran alternatif di bidang ketatausahaan berdasarkan data dan informasi sebagai bahan masukan atasan;
  9. Memantau pelaksanaan urusan persuratan, kerumah tanggaan dan kehumasan fakultas untuk mengetahui keadaannya;
  10. Melaksanakan urusan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian dan penghapusan barang perlengkapan fakultas untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  11. Menyusun rencana penerimaan anggaran fakultas;
  12. Menyusun rencana penggunaan anggaran fakultas berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk mengetahui kesesuaiannya;
  13. Melaksanakan urusan kepegawaian fakultas berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan;
  14. Melaksanakan administrasi akademik di lingkungan fakultas berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan;
  15. Melaksanakan administrasi kemahasiswaan dan hubungan alumni di lingkungan fakultas untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  16. Memberikan layanan teknis di bidang ketatausahaan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  17. Menyimpan dan memelihara dokumen surat dan warkat yang berhubungan dengan ketatausahaan fakultas;
  18. Menyusun laporan tahunan fakultas sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas;
  19. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan
© 2018 Copyright Fakultas Teknik - Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya